Tuesday, July 14, 2009

Jika JawabanNya: Ya!

Efesus 5:20-21

Suatu hari saya pergi ke Monkey Forest di Bali. Sudah pasti di sana, ada yang berjualan permen, pisang ataupun kacang-kacangan untuk diberikan kepada monyet-monyet yang ada di sana. Saya membeli sesisir pisang dan beberapa permen untuk saya nikmati. Lalu saya mencari tempat duduk untuk bersantai di bawah sebuah pohon besar. Perlahan, mulai ada monyet yang mendekati saya. Dan pandangannya bergantian antara ke wajah saya dan ke pisang yang saya pegang, seakan mau memberitahu kalau dia menginginkan pisang itu. Akhirnya saya berikan sebuah pisang. Setelah dia mengambil pisang itu, dia lari meninggalkan saya. Tak lama kemudian, monyet itu kembali dan meminta pisang lagi ke saya. Akhirnya saya berikan lagi, lalu dia pergi meninggalkan saya. Saya amati dari kejauhan ada satu monyet lain yang mendekati monyet tadi, dan berusaha untuk meminta pisang tersebut, namun monyet itu kemudian marah dan pergi membawa pisang itu.

Sobat muda, tidak jarang kita bersikap seperti monyet itu. Ketika kita berdoa meminta sesuatu dari Tuhan, kita seringkali memelas dan memohon supaya Tuhan mengabulkan doa kita. Namun, setelah Tuhan memberikan apa yang kita mau, kita seakan lupa dengan kebaikan Tuhan dan pergi meninggalkan Dia. Baru ketika kita membutuhkan Dia, kita datang lagi memohon padaNya. Bahkan, ketika ada orang lain yang membutuhkan pertolongan kita, kita seringkali menolak, tidak menyadari bahwa berkat yang diberikan oleh Tuhan tidak sepenuhnya milik kita.

Sobat muda, sudah sepantasnya kita mengucap syukur akan doa-doa kita yang dikabulkan. Janganlah kita menjadi tinggi hati melainkan tetap rendah hati karena semua itu adalah anugerah dari Allah. Dan kita pun harus siap membagi berkat kita karena Allah telah lebih dahulu memberkati kita. Apabila kita tidak mengucap syukur dan malah menjadi sombong, apa bedanya kita dengan monyet tadi?

[-sld-]

“Lebih banyak tetes air mata yang dikeluarkan untuk sebuah doa yang terjawab daripada doa yang tidak terjawab” --Teresa of Avila--

No comments:

Post a Comment