Tuesday, July 14, 2009

Jika JawabanNya: Tidak!

Matius 26:39

“Aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini, ingin itu banyak sekali.” Sepenggal lirik lagu tadi diambil dari lagu pembukaan serial kartun Doraemon. Kita tahu bahwa Nobita adalah seorang anak manja yang selalu meminta segala sesuatu kepada Doraemon. Dan ketika permintaannya tidak dipenuhi, dia marah dan ngambek sama Doraemon.

Dalam hidup ini, pasti kita mempunyai banyak sekali keinginan ataupun cita-cita yang kita dambakan. Keinginan itu lalu kita bawa dalam doa. Terkadang, meskipun keinginan itu sudah didoakan dengan sungguh-sungguh, namun kita merasa jawabannya tak kunjung tiba atau bahkan kita harus menerima jawaban yang tidak sesuai harapan kita. Seringkali kita mempertanyakan hal ini kepada Tuhan.

Ada tiga hal yang membuat Tuhan tidak mengabulkan doa kita. Pertama, cara berdoa kita yang salah (Mat. 6:7). Kedua, ada hal-hal dalam kehidupan kita yang tidak berkenan di hati Tuhan (Mrk. 11:25). Ketiga, Tuhan mempunyai rencana lain atas hidup kita (Mat. 26:39).

Jadi bila kita mendapatkan jawaban yang tidak sesuai harapan kita, janganlah kita menyalahkan Tuhan lalu meninggalkan Tuhan. Kita harus mengevaluasi hidup kita dan memperbaikinya. Lalu berusaha peka untuk mendengar maksud Tuhan dalam hidup kita. Caranya, kenalilah pribadi Tuhan lebih dekat dengan cara membaca Firman-Nya dan terus berkomunikasi dengan Dia melalui doa. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang dikehendaki oleh-Nya dan menyerahkan diri kita sepenuhnya dalam rencana Tuhan dan terus memelihara pengharapan kepada Dia (Roma 12:12). Ingatlah bahwa kita bukanlah anak-anak manja yang merengek agar permintaan kita dikabulkan, tetapi kita adalah anak-anak yang sudah dimenangkan oleh Tuhan.

[-sld-]

“Mereka yang mengenal baik Tuhan adalah yang paling kaya dan berkuasa dalam doa. Sedikit pengenalan akan Tuhan, keasingan dan kekakuan dengan Dia, membuat doa lemah.” --E. M. Bounds--

No comments:

Post a Comment